Persebaran fauna di indonesia bagian barat, tengah, dan timur

Sabtu, 29 Oktober 2016

Di jaman yang serba modern ini, banyak sekali jenis fauna yang diambang kepunaha. Misalnya saja harimau sumatra yang jumlah di hutan hanya ratusan ekor. banyak sekali pemburu liar yang ingin mengambil tulang maupun kulit harimau tersebut untuk dijual. Intinya untuk mengambil keuntungan berupa uang dari hasil perburuan tersebut.

http://satutanahairindonesiaku.blogspot.com/
Persebaran fauna di indonesia bagian barat, tengah, dan timur

Contoh lain lagi hewan yang dikenal unik, cerdas, dan sering muncul di cerita dongeng adalah kancil. Hewan kancil Jawa saat ini juga diambang punah. Hutan yang tadinya sebagai tempat tinggal, saat ini sudah gundul karena dijadikan lahan pertanian. Selain itu perburuan liar juga kerap sekali menangkap kancil.

Persebaran fauna di indonesia bagian barat, tengah, dan timur

1. Persebaran fauna di indonesia bagian barat

http://satutanahairindonesiaku.blogspot.com/
Persebaran fauna di indonesia bagian barat

Untuk persebaran fauna di daerah barat meliputi pulau Sumatra, Kalimantan, Bali, dan Jawa. Fauna jenis mamalia yang ada di bagian barat meliputi :
Pulau Sumatra : macan tutul, gajah, harimau sumatra, ular piton, tapir, badak bercula dua, burung murai batu, kambing hutan di Sinabung, babi hutan.

font-size: 12.0pt; line-height: 200%;">Pulau Jawa : macan tutul, rusa, banteng, badak bercula satu, harimau jawa, elang jawa, kancil, harimau kumbang, ayam hutan, burung merak, tupai, trenggiling, . 
Pulau Bali : jalak bali, macan tutul, ayam hutan, penyu
Pulau Kalimantan : ayam hutan, buaya sungai, buaya muara, orang utan, monyek bekantan, macan tutul, ular sanca kembang atau phiton, beruang madu, lumba-lumba.

2. Persebaran fauna di indonesia bagian tengah
http://satutanahairindonesiaku.blogspot.com/
Persebaran fauna di indonesia bagian tengah

Fauna bagian tengah disebut juga fauna daerah peralihan. Mengapa disebut demikian? Karena letaknya diantara daerah fauna bagian barat dan fauna bagian timur. Letak fauna bagian tengah ini di antara garis Wallace dan juga garis Webber. Daerah masuk ke dalam fauna bagian tengah adalah pulau Sulawesi, Timor, Kepulauan Nusa tenggara seperti flores, lombik, sumba, dan komodo.
Kepulauan Nusa Tenggara dan Timor : komodo di pulau komodo, sapi, kuda liar, biawak besar.
Pulau Sulawesi : anoa, ikan duyung, monyet hitam, burung nuri, kakak tua raja, burung raja udang, merpati, 

3. Persebaran fauna di indonesia bagian timur
 Persebaran fauna di indonesia bagian timur

Fauna daerah timur memiliki kesamaan dengan fauna australia. Seperti halnya kangguru, di Papua juga terdapat kangguru biasa dan kangguru pohon. Daerah yang termasuk wilayah fauna bagian timur adalah kepulauan Maluku dan Papua. Fauna yang ada disana sangat indah seperti burung cenderawasih, burung nuri, burung kakak tua raja, walabi, kangguru, kangguru pohon, tikus pohon, landak irian, kura-kura moncong babi, buaya, ular papua, biawak, rusa di Merauke, dan kuskus.
 
Nonton Anime Baca Komik Short Url Forum Indo Manga